Minggu, 04 September 2011

Mencermati startegi 4 samurai R2 di indonesia

Salam hangat

JustInMyMind



Artikel yang kedua ini masih ada kaitan dengan artikel awal saya. mencermati strategi 4 samurai R4 di indonesia membuat saya tertarik untuk membahasnya,  strategi mereka saya namakan strategi kue lapis kenapa saya kiaskan pada kue lapis karena pangsa pasar indonesia sangatlah legit dan menguntungkan bagi 4 samurai R2 dindonesia dan akan mereka akan jaga terus sehingga competitor pun belum bisa untuk mencicipi lezatnya kue lapis itu, begitu menguntungkannya bisnis R2 dindonesia  bahkan salah satu samurai di indonesia dapat membantu finansial di kerajaan pusat mareka di jepang.

Yang akan saya  sharing disini ialah strategi mereka dari kekompakan, inovasi, serta kekuatan para samurai R2 di indonesia yang menurut saya bisa ditiru oleh pengusaha dan pemerintah indonesia, strategi yang mereka gunakan sangatlah berlapis dari produk & price low, mid dan high end yang ditunjukan semua segment pasar R2, dengan mengedepan kan kekompakan dan bahu membahu diantara para samurai.
mulai dari strategi produk low end mereka yang mereka tunjukan waktu itu untuk membendung produk motor  dari negeri cina serta untuk konsumen indonesia yang mayoritas masih berpenghasilan dibawah standart yang membutuhkan alat transportasi, dan para samurai begitu kompak memprodusi varian bebek, kenapa bebek karena mereka tahu situasi dan kondisi indonesi yang pertama karena motor bebek  mobilitasnya begitu efiesien dalam pemakaian dan perawatannya serta kondisi daerah indonesia masih banyak jalan2 dikampung yg lebarnya 1 s/d kurang dari 2 meter, dan begitu lamanya para samurai sejak tahun 70 an di indonesia hingga sekarang membuat mind set konsumen indonesia terpatri pada motor produk jepang. sekarang ini pangsa pasar bebek yang paling menguntungkan.justmyimage

Untuk strategi produk mid end disini mereka mulai dengan varian bebek ,sport dan matic,  disegment bebek dan sport ini bertujuan untuk membendung motor2 dari india dan matic untuk membendung motor2 dari taiwan serta dengan kehadiran 2 negara tersebut tidak membuat konsumen indonesia beralih kepada produk dari 2 negara tersebut. justmyimage

yang terakhir produk high end walaupun pangsa pasar dari segment ini kecil tapi mereka bertujuan mengakomodir para konsumen indonesiayang berpendapat tinggi untuk memiliki motor premium yang regulasinya dan maintencenya mudah, serta untuk show of force bagi para samurai R2 di indonesia untuk motor2 dari negara eropa yang di bawa ke indonesia melalui importir umum. justmyimage

Begitu kompak strategi 4 samurai ini hingga tidak ada yang saling mengganjal satu sama lain seperti yang saya sudah share di artikel awal saya. mereka juga tidak hanya piawai dari segi inovasi produk dan strategi tapi terhadap pemerintah indonesia pun berupa bantuan2 untuk pembangunan diindonesia.

Sebagai catatan  kecil meski produk2 dari negara selain jepang dengan harga yang di bawah produk jepang unuk setiap segment tapi tetap belum bisa unuk merebut pangsa pasar R2 di indonesia bahkan produk dari yang infonya asli indonsia sekalipun belum bisa, inilah sharing artikel kedua saya semoga bermanfaat, silahkan saran dan kritik yang membangun bagi saya untuk lebih baik, terima kasih.

JustInMyMind

Tidak ada komentar:

Posting Komentar