Kamis, 01 September 2011

4 SAMURAI R2 DI INDONESIA

Salam hangat,
JustInMyMind
Rekan2 semua Alhamdulillah saya dapat menulis artikel yang pertama ini semoga bermanfaat.  Saya akan membahas R2 atau yang lebih cool disebut motor, 4 samurai R2 di indonesia yang begitu sudah mengakar kuat di mindset konsumen indonesia, kenapa saya sebut samurai karena asal mereka dari jepang yang melegenda hingga sifat kekompakan, strategi, kekuatan dan kepatuhan mereka pada kaisar.     Yang akan saya bahas disini ialah implementasi sifat samurai yang masih di pakai di perusahaan2 asli jepang diantaranya perusahaan roda dua/motor, diantaranya yang 4 itu yang ada indonesia yaitu:

1. HONDA
2. YAMAHA
3. SUZUKI
4. KAWASAKI


Keempat corporat ini begitu kompak dalam artian tidak pernah head to head dalam produk mereka meski dalam varian sama tapi dalam kapasitas mesin berbeda, begitu juga dalam strategi pemasaran yang dituju, karena mereka tahu jika saling bersaing satu sama lain akan merugikan mereka sendiri. Begitulah kekompakan mereka yang sudah dibiasakan dalam diri mereka sejak dini.

Dalam hal persaingan antara mereka di indonesia itu merupak kamuflase yang mereka buat untuk mengiring kompetitor berpikir mereka sedang saling menjatuhkan, seperti sebuah mobil yang ditutupi kaca film yang tebal yang dari luar seperti terdengar kegaduhan padahal mereka sedang berfikir dan berdiskusi di dalam mobil itu. JustInMyMind
Inilah pembahasaan artikel awal saya semoga bermanfaat, silahkan saran dan kritik yang membangun bagi saya untuk lebuh baik, terima kasih.

JustInMyMind

Tidak ada komentar:

Posting Komentar